Pengantar Sistem Digimon
Di kampus gue, ada mata kuliah bernama Pengantar Sistem Digital.
Kuliah ini biasanya diambil oleh mahasiswa semester 2. Waktu pertama
kali ngambil mata kuliah ini, gue ngerasa tertarik banget. Dari namanya,
setelah gue lulus mata kuliah ini, mungkin gue bisa bikin robot, bikin
LCD HP, atau jadi tukang servis TV, pikir gue. Mata gue berkaca-kaca
ngebayangin itu semua.
Dosen gue untuk mata kuliah ini, sebut aja pak Dori. Pak Dori ini dosen berkacamata dengan rambut belah samping, penampilannya rapi banget, selalu pake kemeja, celana bahan, lengkap sama sabuknya. Pak Dori ini ngajarnya cukup unik dan sabar banget. Gak pernah marah. Kalo ada yang kurang jelas, lo mau ulang dari awal juga bakal diulang. Tapi resikonya, materi bisa ketinggalan dari kelas lain kalo kebanyakan ngulang. Jadi, biasanya Bapak ini mengulang bagian intinya aja. Keunikan yang lainnya adalah, Bapak ini lucu. Serius. Pengajaran di kampus gue pake proyektor yang terhubung ke laptop dan materinya di persentasikan dalam bentuk Microsoft Powerpoint. Pernah suatu ketika si Bapak lagi ngajarin di papan tulis, tiba-tiba temen-temen gue pada ngakak. 'Pak, Steamnya nongol tuh!', kata salah satu temen gue. Buat yang belum tau, Steam ini adalah aplikasi buat ngegame. Gue langsung liat ke layar, dan bener Steamnya nongol disitu. 'Oh iya, Bapak lupa matiin hahaha' sambil ketawa-ketawa. Gue pun bisa ngeliat ID steamnya. Siapa tau ntar bisa gue ajak main game yang ada di Steam bareng, PDKT-an, dan pada akhirnya gue akan bilang 'Pak, kita kan sudah lama main game ini sama-sama, ntar nilai saya A yah Pak, plisss'. Tapi niat itu gue hapus jauh-jauh mengingat pak Dori orang IT, ntar bukannya dikasih A, malah ID Steam gue di-hack.
Gue biasanya duduk sama temen gue, sebut aja Supri, dan sebelahnya lagi, sebut aja Ali. Supri adalah mahasiswa berkulit putih dan muka blasteran arab, sedangkan Ali adalah mahasiswa dengan kulit sawo mateng dengan rambut keriting kayak gue. Lebih keriting. Mungkin kecoa bisa nyangkut disitu. Gue, Supri dan Ali ini selalu duduk bertiga bersebelahan. Alasannya simpel, karena kita bertiga gaada yang ngerti seusai kelas.
Iya, kelas Pengantar Sistem Digital ini kayak magic banget buat gue. Saat kelas, gue cuma punya dua pilihan, nggak ngerti sama sekali, atau dihipnotis. Dihipnotis tuh maksudnya kayak gini :
*Di kelas, dosen lagi ngajarin.
'Ohh gitu cara kerjanya' kata gue.
'Lo ngerti dik? Gila jago banget lo' kata Supri.
'Biasalah, bukannya nggak susah susah banget ya?..'
Selesai kuliah, gue nanya sama Supri.
'Tadi belajar apaan, Pri?'
'Sequential Circuit'
'Hah? Itu apaan, Pri??'
'TADI LO BILANG 'OHH GITU' KAMPRET!'
Beda sama Ali, Ali lebih rajin dari gue sama Supri. Ali biasanya paling semangat nyatet. Jadi, kalo gue sama Supri lagi bengong kena hipnotis, gue sama Supri langsung nyontek catetannya Ali. Kalo Ali nggak masuk, biasanya gue celingak-celinguk 'Itu bapaknya ngomong apaan tadi?' Tanya gue. 'Kagak tau gue lagi bengong' kata Supri. 'Even staring at the wall become interesting while studying, dik!' Tambahnya. 'Kebanyakan baca 9gag lo!'. Suram bener. Supri ini kampret banget, sering banget bengongnya, kalo lagi waktu luang, kerjaannya baca 9gag, kalo nggak main game di hp-nya, tiap selesai kelas juga ketawa-ketawa nggak ngerti, tapi pas ujian nilainya pasti selalu bagus. Contohnya waktu UTS, gue dan Ali dapet nilai 70-an, si Supri ini dapet 86. Ini orang kampret banget!
Di mata kuliah ini, dari awal masuk sampai UTS, biasanya materinya masih bisa dicerna otak. Diawal masuk materi baru, dosen gue selalu ngasih pengantar yang berupa contoh kegunaan di kehidupan sehari-hari. Uniknya, dosen selalu ngasih contoh yang sama. Waktu pertama kali kuliah, dosen ngasih pertanyaan 'Contoh penerapan di materi ini apa sih kira-kira? Ada yang bisa nebak nggak?'
'Gak tau Pak'
'Simpel aja deh, counter lampu merah'
'ooooo'..
Tapi, setelah keseringan kuliah, pas dosen nanya,
'Contoh penerapan di materi ini apa sih kira-kira? Ada yang bisa nebak nggak?'
'Counter lampu merah, Pak'
'Bener banget!'
Jadi, bisa dibilang dari awal masuk sampe waktu kurang lebih tengah semester, semua kegunaannya adalah buat counter lampu merah. Tapi, kegunaan ini berubah menjelang UAS.
Menjelang UAS, dosen gue bilang 'Nah, setelah mempelajari mata kuliah ini, kalian akan ngerti gimana komputer itu bekerja'. Gimana bisa dari counter lampu merah jadi tau gimana komputer itu bekerja? Apakah di dalam lampu merah ada komputer? Atau di dalam komputer ada lampu merah? Gue pun stroke mikirin ginian. Tapi, menjelang UAS materi di mata kuliah ini jadi susah banget.
'Gue ngeliat kertas-kertas UAS tahun lalu, pada kosong semua dik isinya' kata Supri.
'Bujug! Emang susah banget ya?'
'Susah banget sih kayaknya. Nasib kita gimana dik ntar?'
'Nyewa tuyul aja, Pri, suruh belajar ginian, ntar dijokiin'
'Serius gue kampret!'
Iya, UAS ternyata emang susah banget. Mata kuliah tersuram waktu UAS. Tapi, disisi lain, gue percaya usaha nggak akan mengkhianati hasil karena waktu UAS gue belajar berjam-jam buat mata kuliah ini. Disisi lain juga, gue pengen banget ngomong sama dosen 'Pak, mending belajar Pengantar Sistem Digimon aja, biar bisa masuk ke dunia digital beneran!'.
Dosen gue untuk mata kuliah ini, sebut aja pak Dori. Pak Dori ini dosen berkacamata dengan rambut belah samping, penampilannya rapi banget, selalu pake kemeja, celana bahan, lengkap sama sabuknya. Pak Dori ini ngajarnya cukup unik dan sabar banget. Gak pernah marah. Kalo ada yang kurang jelas, lo mau ulang dari awal juga bakal diulang. Tapi resikonya, materi bisa ketinggalan dari kelas lain kalo kebanyakan ngulang. Jadi, biasanya Bapak ini mengulang bagian intinya aja. Keunikan yang lainnya adalah, Bapak ini lucu. Serius. Pengajaran di kampus gue pake proyektor yang terhubung ke laptop dan materinya di persentasikan dalam bentuk Microsoft Powerpoint. Pernah suatu ketika si Bapak lagi ngajarin di papan tulis, tiba-tiba temen-temen gue pada ngakak. 'Pak, Steamnya nongol tuh!', kata salah satu temen gue. Buat yang belum tau, Steam ini adalah aplikasi buat ngegame. Gue langsung liat ke layar, dan bener Steamnya nongol disitu. 'Oh iya, Bapak lupa matiin hahaha' sambil ketawa-ketawa. Gue pun bisa ngeliat ID steamnya. Siapa tau ntar bisa gue ajak main game yang ada di Steam bareng, PDKT-an, dan pada akhirnya gue akan bilang 'Pak, kita kan sudah lama main game ini sama-sama, ntar nilai saya A yah Pak, plisss'. Tapi niat itu gue hapus jauh-jauh mengingat pak Dori orang IT, ntar bukannya dikasih A, malah ID Steam gue di-hack.
Gue biasanya duduk sama temen gue, sebut aja Supri, dan sebelahnya lagi, sebut aja Ali. Supri adalah mahasiswa berkulit putih dan muka blasteran arab, sedangkan Ali adalah mahasiswa dengan kulit sawo mateng dengan rambut keriting kayak gue. Lebih keriting. Mungkin kecoa bisa nyangkut disitu. Gue, Supri dan Ali ini selalu duduk bertiga bersebelahan. Alasannya simpel, karena kita bertiga gaada yang ngerti seusai kelas.
Iya, kelas Pengantar Sistem Digital ini kayak magic banget buat gue. Saat kelas, gue cuma punya dua pilihan, nggak ngerti sama sekali, atau dihipnotis. Dihipnotis tuh maksudnya kayak gini :
*Di kelas, dosen lagi ngajarin.
'Ohh gitu cara kerjanya' kata gue.
'Lo ngerti dik? Gila jago banget lo' kata Supri.
'Biasalah, bukannya nggak susah susah banget ya?..'
Selesai kuliah, gue nanya sama Supri.
'Tadi belajar apaan, Pri?'
'Sequential Circuit'
'Hah? Itu apaan, Pri??'
'TADI LO BILANG 'OHH GITU' KAMPRET!'
Beda sama Ali, Ali lebih rajin dari gue sama Supri. Ali biasanya paling semangat nyatet. Jadi, kalo gue sama Supri lagi bengong kena hipnotis, gue sama Supri langsung nyontek catetannya Ali. Kalo Ali nggak masuk, biasanya gue celingak-celinguk 'Itu bapaknya ngomong apaan tadi?' Tanya gue. 'Kagak tau gue lagi bengong' kata Supri. 'Even staring at the wall become interesting while studying, dik!' Tambahnya. 'Kebanyakan baca 9gag lo!'. Suram bener. Supri ini kampret banget, sering banget bengongnya, kalo lagi waktu luang, kerjaannya baca 9gag, kalo nggak main game di hp-nya, tiap selesai kelas juga ketawa-ketawa nggak ngerti, tapi pas ujian nilainya pasti selalu bagus. Contohnya waktu UTS, gue dan Ali dapet nilai 70-an, si Supri ini dapet 86. Ini orang kampret banget!
Di mata kuliah ini, dari awal masuk sampai UTS, biasanya materinya masih bisa dicerna otak. Diawal masuk materi baru, dosen gue selalu ngasih pengantar yang berupa contoh kegunaan di kehidupan sehari-hari. Uniknya, dosen selalu ngasih contoh yang sama. Waktu pertama kali kuliah, dosen ngasih pertanyaan 'Contoh penerapan di materi ini apa sih kira-kira? Ada yang bisa nebak nggak?'
'Gak tau Pak'
'Simpel aja deh, counter lampu merah'
'ooooo'..
Tapi, setelah keseringan kuliah, pas dosen nanya,
'Contoh penerapan di materi ini apa sih kira-kira? Ada yang bisa nebak nggak?'
'Counter lampu merah, Pak'
'Bener banget!'
Jadi, bisa dibilang dari awal masuk sampe waktu kurang lebih tengah semester, semua kegunaannya adalah buat counter lampu merah. Tapi, kegunaan ini berubah menjelang UAS.
Menjelang UAS, dosen gue bilang 'Nah, setelah mempelajari mata kuliah ini, kalian akan ngerti gimana komputer itu bekerja'. Gimana bisa dari counter lampu merah jadi tau gimana komputer itu bekerja? Apakah di dalam lampu merah ada komputer? Atau di dalam komputer ada lampu merah? Gue pun stroke mikirin ginian. Tapi, menjelang UAS materi di mata kuliah ini jadi susah banget.
'Gue ngeliat kertas-kertas UAS tahun lalu, pada kosong semua dik isinya' kata Supri.
'Bujug! Emang susah banget ya?'
'Susah banget sih kayaknya. Nasib kita gimana dik ntar?'
'Nyewa tuyul aja, Pri, suruh belajar ginian, ntar dijokiin'
'Serius gue kampret!'
Iya, UAS ternyata emang susah banget. Mata kuliah tersuram waktu UAS. Tapi, disisi lain, gue percaya usaha nggak akan mengkhianati hasil karena waktu UAS gue belajar berjam-jam buat mata kuliah ini. Disisi lain juga, gue pengen banget ngomong sama dosen 'Pak, mending belajar Pengantar Sistem Digimon aja, biar bisa masuk ke dunia digital beneran!'.
0 komentar:
Post a Comment